Cara Ampuh Bikin Motor Matic Lebih Irit BBM

Cara Ampuh Bikin Motor Matic Lebih Irit BBM – Motor matic merupakan jenis sepeda motor yang terlaris saat ini, selain harganya yang relatif terjangkau perawatan motor matic sangat sederhana. Akan tetapi lama-kelamaan konsumsi BBM motor matic menjadi permasalahan kebanyakan biker saat ini, karena rata-rata motor matic cukup boros bahan bakar jika dibandingkan dengan tipe motor bebek. Apa penyebab hal tersebut serta bagaimana cara mengatasinya? Untuk itu pada kesempatan kali ini AUTOKITO akan berbagi beberapa info pada sobat tentang Cara Ampuh Bikin Skutik Makin Irit BBM.

Cara Bikin Matic Lebih Irit BBm

Tips Agar Motor Matic Lebih Irit BBM

Menurut info yang dikutip dari otomotifnet.com, salah satu cara agar konsumsi motor matic bisa jadi lebih irit yaitu dengan melakukan setting pada bagian CVT. Agar motor matic lebih irit mesin samping atau yang biasa disebut CVT harus disetting/dibikin lebih responsip, saat performa mesin skutik diputaran bawah lebih responsif, maka bisa membuat pemakaian bahan bakar lebih irit. Pasalnya grip gas enggak perlu diputar terlalu dalam, supaya roda ban bergerak.

Beberapa skutik yang beredar di Tanah Air, butuh grip gas dipelintir lebih dalam dari berhenti sampai jalan. Kisarannya ada di angka 1.500 rpm ke atas.Nah, agar bisa leboh responsif alias enggak perlu pelintir grip gas dalam-dalam, ada beberapa bagian penting di dalam CVT yang bisa diseting ulang yaitu :

1. Setting Roller
Bobot/berat roller harus dibuat lebih ringan dari standarnya. Itu jadi trik utama biar mesin lebih responsif di putaran rendah. Namun pengurangan bobot roller dari standarnya, enggak boleh terlalu banyak. Pasalnya akan mempengaruhi performa skutik di putaran atas. “Cukup turun 1 mata saja, misalnya dari 10 gram jadi 9 gram,”

2. Setting Kampas Kopling
Dengan mengurangi bobot roller, maka makin cepat bukaan pully. Efeknya terjadi pada kampas sentrifugal jadi ikut cepat terangkat.Per kampas yang ada 3 buah, memiliki peranan penting di bagian ini. Bila ketiga per tersebut lemah, maka bisa dipastikan kampas gampang slip dan tenaga baru bisa dirasakan saat putaran mesin tengah ke atas. Biasanya solusi yang diambil agar kampas kopling sentrifugal enggak mudah slip adalah mengganti ketiga per standar itu jadi per yang lebih keras. Umumnya tersedia produk aftermarket di pasaran.

3. Setting Per CVT
Tanpa mengganti roller standar, mesin skutik bawaan pabrik juga bisa lebih responsif. Tapi tetap dibutuhkan penggantian part standarnya dengan yang berlabel racing.Per CVT aftermarket atau yang biasa dibilang racing itu, bisa membantu mendongkrak performa mesin di rpm bawah. Ada beberapa pilihan ukuran per CVT yang ada di pasaran.

Intinya untuk skutik yang mesinnya masih standar, cukup menggunakan per CVT yang 1.000 atau 1,.500 rpm. Demikian beberapa info pada kesempatan kali ini tentang Cara Ampuh Bikin Motor Matic Lebih Irit BBM, semoga bermanfaat serta menjadi inspirasi bagi semua. Baca juga kabar lainnya dari AUTOKITO tentang Tips Memilih Pattern Ban Motor Yang Cocok di Musim Hujan.

Kata Kunci Artikel Ini:

penyebab bensin boros pada motor matic,cara agar motor matic irit bensin,penyebab honda beat boros bensin,cara membuat motor injeksi lebih irit,penyebab motor matic boros bensin,cara membuat motor beat irit,penyebab motor matic boros,cara mengatasi honda beat boros,Cara membuat motor matic irit,motor matic boros
Cara Ampuh Bikin Motor Matic Lebih Irit BBM | admin | 4.5